Langsung ke konten utama

Describe Food #2

Jelaskan Beberapa Makanan

French Bread (Baguette Bread)



 Bahan :

700 gr tepung protein terigu tinggi
15 gr ragi instan
1 sdm gula pasir
1 sdt garam
250 cc air hangat
25 gram mentega, kocok hingga lunak Cara

Cara membuat :

  1. Campur bahan kering, aduk rata. Tuang udara lembut sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung hingga tercampur rata. Masukkan mentega, uleni hingga adonan dasar roti kalis. 
  2. Bulatkan adonan, kemuadia profing kurang lebih 50 menit hingga mengembang. Kempiskan adonan, bagi menjadi dua bagian. Masing-masing disediakan bulatan dan profing kekbali selama 30 menit sampai adonan mengembang.
  3. Kempiskan lagi adonan, masing-masing kebutuhan bulat panjang. Letakkan di atas loyang yang sudah diber tepung, kemudian Gunakan pisau tajam untuk menggurat-gurat permukaan adonan. Olesi permukaannya dengan egg wash, proofinp lagi selama kurang lebih 40 menit.
  4. kemudian Parga dalam oven yang sudah dipanaskan dengan suhu 180 ° C - 220 ° c hingga permukaannya berwarna kuning kecokelatan atau selama kurang lebih 45 menit.

Deskripsi 
  • Rasa: waralaba Roti memiliki rasa yang enak. Cara yang biasa digunakan dengan berbagai cara, misalnha dengan dipanggang YGtama mentena dan bawang putih.dll
  • Warna: warna dari toto ini yaitu warna kuning kecoklatan.
  • Tekstur: tekstur pada roti franch yaitu keras pada bagulian luarnya.

 Sejarah

Menurut Wikipedia, istilah "baguette" pertama kali mengeluarkan pada tahun 1920. Kata-kata ini digunakan untuk "tongkat", makanya roti ini juga berbentuk seperti tongkat. Saat ini, simbol baguette digunakan sebagai ikon bangunan berdampingan dengan Menara Eiffel, roti Croissant, dan lain-lain. roti baguette dulu sengaja menciptakan rupa rupa agar tidur napoleon tidak kerepotan membawa bekal yang terlalu banyak di medan perang. Bentuknya yang panjang memudahkan mereka untuk menaruhnya di saku celana mereka. Konon, ide tersebut diilhami oleh sang napoleon sendiri sebelum makan menginvasi negara Rusia.


Roti Sofft Roll



Bahan:
  • 1 kg tepung terigu protein tinggi
  • 22 gram ragi atau ragi
  • 20 gram garam
  • 4 butir telur
  • 150 gram gula
  • Mentega 60 gram
  • es udara secukupnya


CaraMembuat:

  1. Campur semua adonan kecuali mentega dan air es
  2. Masukan air demi demi sedikit
  3. Uleni dengan tangan hingga khalis atau elastis
  4. Ganti mentega dan uleni lagi hingga khalis
  5. Istirahatkan adonan selama 30 menit dengan ditutup kain basah agar adonan mengembang 2 kali lipat
  6. Setelah 30 menit kempeskan adonan dan uleni kembali
  7. Potong adonan dan timbang 50 gram lalu bulatkan
  8. Setelah di babakkan istirahatkan adonan selama 45 menit dengan di Alaska kertas roti
  9. Setelah diistirahatkan 45 menit adonan akan mengembang 2 kali lipat olesi dengan telur yang sudah di tambah dengan susu cair. 1 butir telur 1 sdm susu cair, kemudian taburkan wijen diatas adonan
  10. Bakar dengan suhu 180 ° c selamat 25 menit.

Deskripsi:
  • Rasa: gulung lembut pilih rasa yg gurih yg kayak dari rasa susunya.
  • Tekstur: tekstur gulung lunak yang sangat lembut hingga biasa untuk Membuat burger.
  • Warna: lembut gulung pilih warna kuning kecoklatan dan berkilau karena olesan dari susu yg di campur dgn kuning telur.

BRIOCH




Bahan:

  • 250 gr tepung protein tinggi
  • 1/2 sdm ragi instan (saya: pakmaya)
  • 1/4 sdt garam
  • 25 gr gula pasir
  • 70 ml susu cair hangat
  • 2,5 butir telur
  • 125 gr mentega tawar

Cara Membuat:

  1. Tuang tepung ke dlm mangkok mixer, lalu tuang ragi di satu sisi, garam + gula di sisi yg lain.pasang hook attachment.
  2. Cara berbagi telur: kocok 1 telur di mangkok kecil sampai rata, lalu tuang 1/2 bagian sesuai kebutuhan.
  3. Tuang susu ke adonan kering telur, lalu mixer dengan kec yang rendah selama 2-3 mnt, lalu naikkan jd sedang (kec 3-4) selama 6-8 mnt.
  4. Tiang mentega dan mixer lg sampai rata 4-5 mnt.dough akan sangat lengket.
  5. Letakkan di mangkok plastik besar beri mentega / minyak, tutup plastik bungkus.diamkan min 7 jam atau semalaman di kulkas.
  6. Ambil adonan, kempiskan dan bagi di atas alas yg sdh bertabur tepung mjd 6 uk besar @ 100 gr atau 12 uk kecil @ 50 gr.
  7. Bulat bulatkan spt membulatkan donat (isi jk dgn isian sebelum dibulatkan)
  8. Langsung letakkan di loyang yg dioles mentega, tata dgn rapi.diamkan dgn tutup bungkus selama 2-3 jam.
  9. Panaskan oven 190 ° C.oven 20-30 mnt sampai bagian atas kecoklatan.

Deskripsi:



  • Tekstur: Brioch memiliki tekstur yang lembut pada bagian dalam dan kering pada bagian luarnya. 
  • Rasa: rasa dari Brioch itu maniss 
  • Warna: warna dari Brioch adakah warna kecoklatan


SEJARAH


Brioche dianggap sebagai bagian dari Viennoiserie. Kelompok roti ini dibuat dengan roti yang sama, tetapi memiliki aspek kue kering yang tinggi karena mengandung telur, mentega, cairan (susu, udara, krim, dan kadang-kadang brandy), dan gula. Brioche, bersama pain au lait dan panin aux raisins yang sering disajikan saat sarapan atau camilan - menu subkelompok roti kembang Viennoiserie. Brioche mengatur dibuat bersama buah atau keping coklatdan digunakan sebagai kue kering atau sebagai dasar makanan lokal .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food Terminologi

MACAM - MACAM SALAD 1. Kinilaw – Filipina Salad yang satu merupakan salah satu kudapan tertua di Filipina. Diberi nama kinilaw lantaran cara memasaknya menggunakan teknik kinilaw, yaitu teknik mematangkan ikan tuna dengan cara merendamnya di dalam larutan cuka dan jeruk nipis. Selain ikan tuna sebagai bahan utama, kinilaw biasanya menggunakan bahan-bahan lain seperti mentimun, pepaya muda, kelapa sangrai, dan jantung pisang. 2. Goi cuon – Vietnam Terdiri dari udang rebus dan sayuran seperti wortel dan daun ketumbar yang dibungkus kulit lumpia tipis, salad asal Vietnam ini memang terlihat istimewa. Biasanya, kudapan yang satu ini dihidangkan dengan saus yang terbuat dari kecap ikan, cabai, dan bawang putih. Bisa juga menggunakan saus kacang sebagai cocolan agar cita rasanya lebih kaya. 3. Yam mamuang – Thailand Salad jenis som tam memang lebih banyak dikenal di Thailand, tapi menu salad yang bernama yam mamuang sebenarnya tidak kalah lezat. Jika som tang meng

Food Terminologi

1. cookies Kue kering adalah istilah yang sering digunakan untuk kue yang bertekstur keras tetapi renyah yang memiliki kadar air yang sangat rendah karena dibuat dengan cara di oven. Kue kering memiliki daya tahan yang cukup lama, Bahan yang umum digunakan utuk pembuatan kue kering diantaranya tepung beras, tepung ketan, terigu ataupun sagu, Kue kering yang dioven biasanya di sebut cookies. Kue kering adalah makanan ringan yang bukan makanan utama. Secara harafiah kue seringkali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari tepung. Baik tepung beras maupun terigu. Roti tidaklah selalu sama dengan kue, sebab di Indonesia kadangkala roti dianggap sebagai makanan utama. sumber :https://id.wikipedia.org/wiki/Kue_kering 2. Kue Mangkok Kue mangkok adalah penganan yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan tapai singkong yang dimasak dengan cara dikukus. berbentuk seperti mangkok dan mekar pada ujungnya. Kue mangkok merupakan salah satu kue basah yang populer d

Daily Activites

Assalamualaikum Wr.Wb Haii guysss, jumpa lagi sama sayeee .dgn cerita yg sama...yapp saya menceritakan kembali kegiatan saya hari ini. Dan hari ini adalah Minggu ke tiga di kitchen untuk semester 4 ini. Dan pagi ini saya datang lebih awal kekampus karena ada kegiatan yaitu mengikuti upacara bendera yang rutin dilakukan setiap tgl 17.. Sesudah upacara kami kembali hati baju dan mulai online lalu pak IcaI menjelaskan tentang praparean hari ini yaitu European Buffet dan kelompok saya mendapatkan menu bagian appetaizer yaitu " Macedoine of Vagetable Mayonaise & Jelly Fruit Salad ". Dan pertama2 kami menyiapkan bahan untuk membuat Macedoine of vegetable mayonaise, yaitu ada kacang panjang, wortel, dan lobak. Yaitu semua bahan di potong brunoa kecuali kacang panjang. Kemudian di blanch lalu dimasukkan kedalam cheiller. Dan untuk prepare-an Jelly fruit salad yaitu, ada buah anggur, nenas, dan jeruk Mandarin dan ada juga agar2 nutrijel. Pertama potong kecil2 buah, lalu agar2