Langsung ke konten utama

Describe food #5

Description some food


1. Sushi


Bahan :

  • Nasi puti
  • Cuka beras
  • Rumput laut
  • Isian : crab Atiek, salmon, dll
  • Gulungan sushi
Cara Membuat :

  1. Campurkan cuka beras dan nasi putihnya lalu aduk dengan rata
  2. Siapkan gulungan sushinya dan cetak masih diatasi gulungan sushi yg sebelumnya adalah rumput laut
  3. Tambahkan isian sesuai selera
  4. Gulung sushi dengan rapi lalu potong dengan selera.



Deskripsi : 

  • Rasa : sushi mempunya rasa asam pada nasinya.
  • Warna : sushi mempunyai warna putih pada nasinya dan hijau pada rumput lautnya.
  • Tekstur : lembut.

History


Asal usul kata sushi adalah kata sifat untuk rasa masam yang ditulis dengan huruf kanji 
sushi (酸し). Pada awalnya, sushi yang ditulis dengan huruf kanji 鮓 merupakan istilah untuk salah satu jenis pengawetan ikan disebut gyoshō (魚醤) yang membaluri ikan dengan garam dapur, bubuk ragi (麹 koji) atau ampas sake (糟 kasu). Penulisan sushi menggunakan huruf kanji 寿司 yang dimulai pada zaman Edoperiode pertengahan merupakan cara penulisan ateji (menulis dengan huruf kanjilain yang berbunyi yang sama).


2. Sashimi

Bahan :

  • Salmon
  • Soy SC
  • Wahabi

Cara Membuat 

  1. Siapkan ikan salmon, kemudian iris tipis2
  2. Siapkan juga soy saus untuk pelengkap
  3. Dan wasabi sesuai selera.

Deskripsi
  • Rasa : manis
  • Tekstur : kenyal
  • Warna : orange pada ikan salmon.


History 


Sashimi (刺身) adalah makanan Jepangberupa makanan laut dengan kesegaran prima yang langsung dimakan dalam keadaan mentah bersama penyedap seperti kecap asin, parutan jahe, dan wasabi.
Ada juga pendapat yang mengatakan kata Sashimi berasal dari kata Namashishi (生肉, daging mentah) atau Namasuki (生切, potongan segar).



3. Dorayaki 


Bahan :

    Bahan A:
    2 butir telur
    85 gr gula pasir
    1 sdm madu (W A J I B)
    Bahan B (ayak rata):
    130 gr tepung serbaguna/protein sedang
    1 sdt soda kue
    1 sdt garam halus (refina)
    1/4 sdt vavilla esens/pasta vanilla
    Bahan C:
    50 ml air
  1. Filling:
  2. Sesuai selera.

Cara Membuat :

  1. Mixer bhn A kurleb 2 mnit dgn kec sedang.
  2. Masukkan bhan B dn C scra berselang seling dgn mixer speed no.1 yh bund selama 1 mnit. Mtikn mixer.
  3. Diamkan kurlebih 15 mnit.
  4. Panaskan teflon/pan anti lengket, setelh panas tuang adonan. Setelh permukaan bergelembung rata, di blik sebentar, angkat.
  5. Bagian tengah filling sesuai selera, kemudian tangkup/tutup dgn bagian lain.


Deskripsi :

  • Rasa : Manis
  • Tekstur : lembut
  • Warna : coklat.

History :

Pada mulanya, Dorayaki hanya terdiri dari satu lembar kue bundar dengan pinggiran yang dilipat sedikit hingga bentuk segi empat. Di bagian tengah kue diberi selai kacang azuki.

Pada tahun 1914, perusahaan kue Usagiya menghubungkan dorayaki yang dibuat dari adonan castella dan terdiri dari dua lembar panekuk. [1] Dorayaki yang terdiri dari dua lembar panekuk dan bentuk bundar kemudian menjadi populer di seluruh Jepang. Di daerah Kansai (Osaka atau Nara), kue ini juga dikenal dengan nama mikasa (三 笠).

Kue ini diberi nama dorayaki karena bentuknya yang mirip gong (bahasa Jepang: dora). [2] Menurut cerita lain, samurai bernama Saito Musashibo Benkei adalah pencipta kue ini. Benkei menderita luka-luka dan harus menari di rumah penduduk. Setelah sembuh, Benkei memanggang adonan dari campuran udara dan tepung terigu di atas gong. [1] Hasilnya berupa kue bundar berisi selai kacang merah yang diberikan kepada orang yang merawatnya sebagai ucapan terima kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food Terminologi

MACAM - MACAM SALAD 1. Kinilaw – Filipina Salad yang satu merupakan salah satu kudapan tertua di Filipina. Diberi nama kinilaw lantaran cara memasaknya menggunakan teknik kinilaw, yaitu teknik mematangkan ikan tuna dengan cara merendamnya di dalam larutan cuka dan jeruk nipis. Selain ikan tuna sebagai bahan utama, kinilaw biasanya menggunakan bahan-bahan lain seperti mentimun, pepaya muda, kelapa sangrai, dan jantung pisang. 2. Goi cuon – Vietnam Terdiri dari udang rebus dan sayuran seperti wortel dan daun ketumbar yang dibungkus kulit lumpia tipis, salad asal Vietnam ini memang terlihat istimewa. Biasanya, kudapan yang satu ini dihidangkan dengan saus yang terbuat dari kecap ikan, cabai, dan bawang putih. Bisa juga menggunakan saus kacang sebagai cocolan agar cita rasanya lebih kaya. 3. Yam mamuang – Thailand Salad jenis som tam memang lebih banyak dikenal di Thailand, tapi menu salad yang bernama yam mamuang sebenarnya tidak kalah lezat. Jika som tang meng

Food Terminologi

1. cookies Kue kering adalah istilah yang sering digunakan untuk kue yang bertekstur keras tetapi renyah yang memiliki kadar air yang sangat rendah karena dibuat dengan cara di oven. Kue kering memiliki daya tahan yang cukup lama, Bahan yang umum digunakan utuk pembuatan kue kering diantaranya tepung beras, tepung ketan, terigu ataupun sagu, Kue kering yang dioven biasanya di sebut cookies. Kue kering adalah makanan ringan yang bukan makanan utama. Secara harafiah kue seringkali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari tepung. Baik tepung beras maupun terigu. Roti tidaklah selalu sama dengan kue, sebab di Indonesia kadangkala roti dianggap sebagai makanan utama. sumber :https://id.wikipedia.org/wiki/Kue_kering 2. Kue Mangkok Kue mangkok adalah penganan yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan tapai singkong yang dimasak dengan cara dikukus. berbentuk seperti mangkok dan mekar pada ujungnya. Kue mangkok merupakan salah satu kue basah yang populer d

Daily Activites

Assalamualaikum Wr.Wb Haii guysss, jumpa lagi sama sayeee .dgn cerita yg sama...yapp saya menceritakan kembali kegiatan saya hari ini. Dan hari ini adalah Minggu ke tiga di kitchen untuk semester 4 ini. Dan pagi ini saya datang lebih awal kekampus karena ada kegiatan yaitu mengikuti upacara bendera yang rutin dilakukan setiap tgl 17.. Sesudah upacara kami kembali hati baju dan mulai online lalu pak IcaI menjelaskan tentang praparean hari ini yaitu European Buffet dan kelompok saya mendapatkan menu bagian appetaizer yaitu " Macedoine of Vagetable Mayonaise & Jelly Fruit Salad ". Dan pertama2 kami menyiapkan bahan untuk membuat Macedoine of vegetable mayonaise, yaitu ada kacang panjang, wortel, dan lobak. Yaitu semua bahan di potong brunoa kecuali kacang panjang. Kemudian di blanch lalu dimasukkan kedalam cheiller. Dan untuk prepare-an Jelly fruit salad yaitu, ada buah anggur, nenas, dan jeruk Mandarin dan ada juga agar2 nutrijel. Pertama potong kecil2 buah, lalu agar2