Langsung ke konten utama

Description food #9


  1. Donat


  • Bahan :

- 300 gr tepung terigu protein tinggi
- 50 gr susu bubuk
- 1 sdm ragi instan
- 100 gr kentang kukus (haluskan dan dinginkan)
- 75 gr gula pasir
- 1 sdm mentega
- 1/2 sdt garam
- 2 butir kuning telur
- 100 ml udara Hangat / air dingin

Toping:
- Dark Chohlate Cooking secukupnya
- Cokelat Putih secukupnya
- Pewarna Makanan secukupnya
- Mentega secukupnya
- Meses Warna secukupnya
- Kacang Tanah Goreng secukupnya
- Kacang Almond secukupnya


  • Cara Membuat 

  1. Campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instan, aduk hingga rata. Lalu berikan kentang halus, tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis. 
  2. Masukkanmentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Diamkan selama 15 menit. Ambil adonan, giling tipis kurang lebih 1-1,5 cm. Angkat dan balik adonan. Giling. 
  3. Gunakan cetakan donat untuk menggambar donat berlubang di tengah. Angkat perlahan dan pindahkan ke alas datar yang sudah ditaburi terigu. Lakukan pada semua adonan hingga habis. Tunggu adonan mengembang 2x lipatnya.
  4.  Jika sudah mengembang, siapkan minyak goreng di wajan. Gunakan minyak goreng 1/2 atau 3/4 permukaan minyak wajan. Nyalakan kompor dengan api kecil, lalu donat goreng sudah terasa hangat. 
  5. Angkat, tiriskan. Taburi gula donat, atau hias dengan cokelat (atau sesuai selera). 


  • Deskripsi 
Rasa : Manis, atau sesuai dengan toping
Tekstur : donat memiliki tekstur yg sangat lembut.
Warna : donat mempunyai warna yg coklat keemasan.


  • History

Donat (doughnut atau donut dalam bahasa Inggris) adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telurdan mentega. Donat yang paling umum adalah donat berbentuk cincin dengan lubang di tengah dan donat berbentuk bundar dengan isi yang rasanya manis, seperti berbagai jenis selai, jelly, krim, dan custard.

Asal usul donat sering menjadi sumber perdebatan. Salah satu teori mengatakan donat dibawa ke Amerika Utara oleh imigrandari Belanda yang juga memopulerkan hidangan penutup lain, seperti: kue kering, pai krim (cream pie) dan pai buah (cobbler).

Cerita lain mengatakan donat berbentuk cincin diciptakan kapten kapal asal Denmarkbernama Hanson Gregory. Sang kapten sering harus menyetir kapal dengan kedua belah tangan karena kapal sering dilanda badai. Kue gorengan yang dimakan ketika sedang menyetir ditusukkan ke roda kemudi kapal, sehingga kue menjadi bolong. Kebetulan bagian tengah kue juga sering belum matang, sehingga donat sengaja dibuat berlubang di tengah agar permukaan donat yang terkena minyak bertambah dan donat cepat matang

2. Brownis


  • Bahan :

Egg
Sugar
TBM
Choc.powder
Flour
Oil
SKM
Salt

  • Cara Membuat :
  1. Pertama kocok telur, gula, dan TBM sampai ngembang
  2. Setelah ngembang masukkan tepung, dan choc.powder. dan mix dengan memakai spead terendah.
  3. Setelah itu masukkan minyak dan susu kental manis, lalu mix hingga tercampur rata. 
  4. Setelah itu masukkan kedalam trey / cetakan lalu rapikan.
  5. Setelah itu kukus dengan suhu 100 derajat selama 30 menit. 

  • Deskripsi 
Rasa : brownis memiliki rasa enak yaitu manis
Tekstur : brownis memiliki tekstur yg lembut.
Warna : warna coklat kehitaman.


  • History 

Brownies pertama kali muncul di hadapan publik pada tahun 1893. Saat itu digelar sebuah acara berupa pameran yang bertajuk Columbian Exposition yang diselenggarakan salah satu kota besar di Amerika, Chicago, Illinois. Pada saat itu seorang koki dari Hotel Palmer House membuat suatu inovasi kue setelah sang pemilik hotel Bertha Palmer memintanya untuk menghidangkan makanan penutup untuknya dan para perempuan yang hadir pada pamerantersebut. Sang koki diminta untuk membuat kue yang lain daripada yg lain dipotong kecil-kecil agar mudah dimakan.


3. Muffin


  • Bahan :

100 gram terigu serbaguna
100 gram gula halus
2 sachet choc.powder
Secukupnya garam
150 ml uht coklat
1 butir telur
110 gram mentega
Topping
Keju parut


  • Cara Membuat

  1. Campur terigu + chocolatos+ garam +gula. Sisihkan
  2. Lelehkan mentega campurkan dengn susu uht coklat + telur. Kocok sebentar
  3. Kemudian tambahkan ke dlm adonan kering aduk sampai rata aja
  4. Siapkan cup + cetakan, dan tuang 3/4 atau sesuai keinginan lalu beri topping keju diatasnya
  5. Ovenkuranglebih 15-25menit tergantung oven masing2. (180°).
  6. Keluarkandr oven dan cetakan, ini dia choco muffin keju.

  • Deskripsi 
Rasa : Manis
Tekstur : lembut
Warna : sesuai selera.


  • History 
Muffin merupakan kue khas negeri Inggrisdan lahir pada zaman Victoria. Pada saat itu muffin banyak dijual oleh pedagang kelilingdengan diletakkan di nampan di atas kepala. Muffin merupakan sejenis makanan tradisional berbentuk gulungan, bundar dan tipis. Bahan dasarnya terbuat dari adonan rotiyang diberi ragi. Paling enak, kue manis ini dinikmati saat musim dingin dan disajikan bersama minuman hangat seperti teh atau kopi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food Terminologi

MACAM - MACAM SALAD 1. Kinilaw – Filipina Salad yang satu merupakan salah satu kudapan tertua di Filipina. Diberi nama kinilaw lantaran cara memasaknya menggunakan teknik kinilaw, yaitu teknik mematangkan ikan tuna dengan cara merendamnya di dalam larutan cuka dan jeruk nipis. Selain ikan tuna sebagai bahan utama, kinilaw biasanya menggunakan bahan-bahan lain seperti mentimun, pepaya muda, kelapa sangrai, dan jantung pisang. 2. Goi cuon – Vietnam Terdiri dari udang rebus dan sayuran seperti wortel dan daun ketumbar yang dibungkus kulit lumpia tipis, salad asal Vietnam ini memang terlihat istimewa. Biasanya, kudapan yang satu ini dihidangkan dengan saus yang terbuat dari kecap ikan, cabai, dan bawang putih. Bisa juga menggunakan saus kacang sebagai cocolan agar cita rasanya lebih kaya. 3. Yam mamuang – Thailand Salad jenis som tam memang lebih banyak dikenal di Thailand, tapi menu salad yang bernama yam mamuang sebenarnya tidak kalah lezat. Jika som tang meng

Food Terminologi

1. cookies Kue kering adalah istilah yang sering digunakan untuk kue yang bertekstur keras tetapi renyah yang memiliki kadar air yang sangat rendah karena dibuat dengan cara di oven. Kue kering memiliki daya tahan yang cukup lama, Bahan yang umum digunakan utuk pembuatan kue kering diantaranya tepung beras, tepung ketan, terigu ataupun sagu, Kue kering yang dioven biasanya di sebut cookies. Kue kering adalah makanan ringan yang bukan makanan utama. Secara harafiah kue seringkali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari tepung. Baik tepung beras maupun terigu. Roti tidaklah selalu sama dengan kue, sebab di Indonesia kadangkala roti dianggap sebagai makanan utama. sumber :https://id.wikipedia.org/wiki/Kue_kering 2. Kue Mangkok Kue mangkok adalah penganan yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan tapai singkong yang dimasak dengan cara dikukus. berbentuk seperti mangkok dan mekar pada ujungnya. Kue mangkok merupakan salah satu kue basah yang populer d

Daily Activites

Assalamualaikum Wr.Wb Haii guysss, jumpa lagi sama sayeee .dgn cerita yg sama...yapp saya menceritakan kembali kegiatan saya hari ini. Dan hari ini adalah Minggu ke tiga di kitchen untuk semester 4 ini. Dan pagi ini saya datang lebih awal kekampus karena ada kegiatan yaitu mengikuti upacara bendera yang rutin dilakukan setiap tgl 17.. Sesudah upacara kami kembali hati baju dan mulai online lalu pak IcaI menjelaskan tentang praparean hari ini yaitu European Buffet dan kelompok saya mendapatkan menu bagian appetaizer yaitu " Macedoine of Vagetable Mayonaise & Jelly Fruit Salad ". Dan pertama2 kami menyiapkan bahan untuk membuat Macedoine of vegetable mayonaise, yaitu ada kacang panjang, wortel, dan lobak. Yaitu semua bahan di potong brunoa kecuali kacang panjang. Kemudian di blanch lalu dimasukkan kedalam cheiller. Dan untuk prepare-an Jelly fruit salad yaitu, ada buah anggur, nenas, dan jeruk Mandarin dan ada juga agar2 nutrijel. Pertama potong kecil2 buah, lalu agar2