Langsung ke konten utama

Food Terminologi

FOOD TERMINOLOGI

Hai guys, selamat datang diblog saya. hmm, minggu ini saya kembali mengirimkan jenis makanan dan penjelasanyya. dan minggu ini saya mengambil makanan dari khas makassar. Dan selamat membaca 😊

1. Coto


Coto makassar atau coto mangkasara adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari jeroan (daging sapi) yang direbus dalam waktu yang lama. Rebusan gaduh daging sapi ini kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan bumbu yang diracik secara khusus. Coto dihidangkan dalam mangkuk dan terpakai dengan ketupat dan "burasa" atau yang biasa dikenal sebagai buras, yaitu sejenis ketupat yang dibungkus daun pisang.
Coto makassar diperkirakan telah ada semenjak masa Kerajaan Gowa di abad ke-16. Dahulu hidangan coto bagian daging sapi sirloin dan tenderloin hanya disajikan untuk disantap oleh keluarga kerajaan. Sementara bagian untuk masyarakat kelas bawah atau abdi dalem followers kerajaan.
Saat ini di daerah-daerah di Indonesia, mulai di warung pinggir jalan hingga restoran. Masyarakat umum dan juga bagian dari sapi atau kerbau yang terletak di bagian punggung (sirloin) itu. Sementara beberapa penjual memberi pilihan daging sapi atau jeroan, atau campuran keduanya, untuk dihidangkan.
Dari bulan November 2008 coto makassar telah dipilih sebagai salah satu menu yang dihidangkan pada penerbangan domestik Garuda Indonesia dari dan ke Makassar.

sumber      : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Coto_Makassar


2. Konro


Tukar ke InggrisSup Konro adalah masakan sup iga sapi khas Indonesia yang berasal dari tradisi Bugis dan Makassar. Sup ini biasanya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi. Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini biasa dimakan dengan burasa dan ketupat yang dipotong-potong terlebih dahulu. Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam. Bumbunya relatif "kuat" memucat ketumbar. Rasa pedas dan berbumbu ini dibuat dari campuran rempah-rempah, seperti ketumbar, keluwak, sedikit pala, kunyit, kencur, kayu manis, asam, daun lemon, cengkeh, dan daun salam.

sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sup_Konro


3. Pallu Basa



Tukar ke InggrisPallubasa adalah makanan tradisional Makassar, Sulawesi Selatan. Seperti Coto Mangkasara (Coto Makassar), Pallubasa juga terbuat dari jeroan (daging dalam perut) sapi atau kerbau. Proses memasak pun sama dengan Coto Makassar, yaitu juk dirakit dalam waktu lama. Setelah matang, jeroan dengan daging itu diiris-iris, kemudian ditaruh / dihidangkan dalam mangkuk. Dahulu pallubasa untuk bagian daging sapi sirloin dan tenderloin hanya disajikan untuk disantap oleh keluarga kerajaan. Sementara bagian untuk masyarakat kelas bawah atau abdi dalem followers kerajaan.
Ini adalah bagian yang dikenal dengan sirloin. Beberapa penjual pallubasa juga memberi beberapa pilihan daging sapi atau jeroan untuk dihidangkan.
Yang membedakan dengan Coto Makassar adalah bumbunya yang diracik khusus. Kemudian jika Coto Makassar makan bersama ketupat, sementara Pallubasa dimakan bersama nasi putih.

sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pallubasa


4. Kapurung

Tukar ke InggrisKapurung adalah salah satu makanan khas di Sulawesi Selatan, khususnya masyarakat Luwu (Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur) Makanan ini terbuat dari sari atau tepung sagu. Di daerah Maluku dikenal dengan nama Papeda. Kapurung dimasak dengan campuran ikan atau daging ayam dan aneka sayuran. Meski makanan tradisional, Kapurung mulai populer. Selain ditemukan di warung-warung khusus di Makassar juga masuk ke beberapa restoran, bersanding dengan makanan modern.Di daerah Luwu sendiri nama Kapurung 'ini sering juga di sebut Pugalu atau Bugalu

sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kapurung


5. Pallubutung


Tukar ke InggrisPallu Butung adalah makanan khas Sulawesi Selatan, makanan ini sering digunakan untuk berbuka puasa di saat bulan Ramadhan. Pallu Butung ini hampir mirip dengan Pisang Ijo. Pallu Butung terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula pasir, daun pandan, vanili dan garam yang kemudian sampai matang dan kental. lalu memasukkan potongan-potongan pisang raja yang juga sudah matang diaduk. Pallu Butung dapat dihidangkan secara hangat, juga dapat dihidangkan dengan menambahkan parutan es di atasnya. Pallu Butung juga bisa ditambahkan sedikit sirup untuk menambah warna dan rasa manis.

sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pallu_Butung


6. Barongko


Tukar ke InggrisBarongko merupakan makanan khas Bugis-Makassar yang terbuat dari pisang yang dihaluskan, telur, santan, gula pasir, dan garam. Kemudian dibungkus daun pisang lalu dikukus. Jika sudah matang, masukkan ke dalam kulkas. Dahulu, Barongko sebagai hidangan penutup bagi para raja Bugis. Selain itu juga sering kali acara adat seperti sunatan, pernikahan, syukuran dan lain sebagainya. Hingga kinipun Barongko masih biasa menggambarkan saat pesta adat.
Untuk membuat Barongko ini haruslah dikerjakan oleh orang yang sudah berpengalaman. Dengan tujuan untuk mempertahankan kualitas rasa dan kelezatan yang khas dari Barongko. Karena diabetes Barongko tidak mudah dijumpai di pasaran.

sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Barongko


7. Pisang Epe


Pisang epe adalah salah satu makanan khas Makassar, Sulawesi selatan, sebuah jajanan unik yang akan banyak ditemui ketika berkunjung ke kota anging mammiri. Tidaklah sulit untuk menemukan jajanan ini, karena hampir disetiap sudut pantai losari terdapat penjual pisang epe.
Pisang epe menjadi makanan favorit bagi semua orang termasuk turis lokal maupun internasional yang berkunjung ke daerah ini. Kata “epe” sendiri berasal dari bahasa Makassar yang berarti “jepit”, jadi pisang epe secara lengkap bisa diartikan menjadi pisang bakar yang dijepit dan menjadi gepeng dengan berbahan dasar dari pisang, tepatnya pisang Raja yang belum terlalu masak dan tidak lembek. Dengan nama unik ini membuat semua orang dengan mudah untuk mengingatnya.
Lokasi markas Pisang Epe ini adalah di Pantai Losari yang telah menjadi maskot Kota Makassar

sumber : akmal-rsfr.blogspot.co.id/2012/11/makalah-pisang-epe.html?m=1


8. Gogoso


Tukar ke InggrisGogoso adalah salah satu makanan khas orang bugis makassar yang sangat digemari di Sulawesi Selatan kompilasi lebaran. Gogos atau gogoso adalah makanan khas Makassar yang mirip dengan lemper dari jawa atau Lalampa dari Manado. Bentuknya lebih panjang dan langsing jika dibandingkan dengan lemper. Gogos sendiri ada yang tanpa isian dan ada juga yang dengan isian. Gogos yang ada isian disebut dengan gogos kambu atau gogos isi. Isinya biasanya ikan tongkol yang dicampur dengan kelapa sangrai dan bumbu. Gogoso merupakan makanan tradisional yang dimasak dengan pembakaran. Bahan dasar adalah beras ketan yang digunakan terlebih dahulu dengan santan agar meresap, tetapi tidak sampai matang. Setelah itu dibungkus dengan daun pisang dan ujungnya dilipat dan ditusuk dengan lidi agar isinya tidak keluar, kemudian dibakar. Selain terbuat dari beras ketan hitam atau putih, gogoso juga biasanya dibuat dari banne, sejenis biji-bijian seukuran pasir dan berwarna cokelat.

sumber : https://www.google.co.id/amp/s/jejakkulinerindo.wordpress.com/2015/08/26/info-kuliner-gogoso/amp/


9. Burasa


InggrisBurasa adalah salah satu panganan khas masyarakat Bugis dan Makassar di Sulawesi Selatan. Panganan ini dikenal juga dengan nama lapat, lontong bersantan atau buras. [1] Bentuknya hampir mirip dengan lontong cuma dengan pipih dan dimasak dengan cara terpisah. Burasa, berafiliasi, bagi masyarakat Sulawesi Selatan di hari lebaran yang bisanya disaji bersama coto makassar atau opor ayam.
Panganan ini terbuat dari beras yang dapat digunakan dengan santan yang banyak untuk menjadi nasi lembek dan kemudian dibungkus dengan daun pisang. Biasa dibuat menjadi dua bagian dalam satu ikatan (menggunakan tali rapia atau daun pisang) kemudian direbus hingga matang. Panganan ini juga biasanya ditemui di luar provinsi Sulawesi Selatan seperti Gorontalo atau Kalimantan dan beberapa daerah lain di Indonesia dan Malaysia. Mungkin karena itu adalah Suku Makassar dan Bugis yang merantau dan menetap di daerah-daerah tersebut yang merupakan bagian dari tradisi hari lebaran di daerah-daerah tersebut.
Selain untuk hidangan di hari lebaran, burasa juga banyak digunakan sebagai makanan untuk bekal karena dapat bertahan hingga 2 x 24 jam. Burasa bisa dikonsumsi dengan sambal kacang, telur rebus atau sambal haban tetapi bagi masyarakat Bugis atau makassar lebih sering digunakan untuk teman coto makassar, Sop Konro, pallubasa, nasu lekku '(makanan masak lengkuas versi sulawesi selatan) atau makanan yang berkuah lainnya.

sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Burasa


10. Mie Titil / Mie Kering


Tukar ke InggrisMie Kering atau Mie Kering Makassar adalah masakan Tionghoa Indonesia, jenis mie kering yang disajikan dengan saus kental dan irisan ayam, udang, jamur, hati, dan cumi. Makanan ini ternyata mirip dengan I Fu Mie Tiongkok, hanya saja mienya yang lebih.
Resep itu dibuat oleh keturunan Tionghoa, Ang Kho Tjao. Dia membuka toko mie untuk menjual mie keringnya dan mendapatkan popularitas di Makassar sejak awal 70-an. Ang Kho Tjao mewariskan pengetahuan tentang resep makana ini kepada tiga orang yaitu Hengky, Awa ', dan Titi. Setelah Ang Kho Tjao Mati, bisnis toko mie kering diterbitkan oleh keluarga yang terpisah dari toko mereka sendiri. Titi paling terkenal di Makassar, disinilah asal nama "Mie titi" menjadi identik dengan mie kering Makassar. [1] [2] Mie Kering adalah salah satu hidangan Makassar yang paling terkenal, yang lain adalah Coto Makassar dan Sup Konro

sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Mie_kering

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food Terminologi

MACAM - MACAM SALAD 1. Kinilaw – Filipina Salad yang satu merupakan salah satu kudapan tertua di Filipina. Diberi nama kinilaw lantaran cara memasaknya menggunakan teknik kinilaw, yaitu teknik mematangkan ikan tuna dengan cara merendamnya di dalam larutan cuka dan jeruk nipis. Selain ikan tuna sebagai bahan utama, kinilaw biasanya menggunakan bahan-bahan lain seperti mentimun, pepaya muda, kelapa sangrai, dan jantung pisang. 2. Goi cuon – Vietnam Terdiri dari udang rebus dan sayuran seperti wortel dan daun ketumbar yang dibungkus kulit lumpia tipis, salad asal Vietnam ini memang terlihat istimewa. Biasanya, kudapan yang satu ini dihidangkan dengan saus yang terbuat dari kecap ikan, cabai, dan bawang putih. Bisa juga menggunakan saus kacang sebagai cocolan agar cita rasanya lebih kaya. 3. Yam mamuang – Thailand Salad jenis som tam memang lebih banyak dikenal di Thailand, tapi menu salad yang bernama yam mamuang sebenarnya tidak kalah lezat. Jika som tang meng

Food Terminologi

1. cookies Kue kering adalah istilah yang sering digunakan untuk kue yang bertekstur keras tetapi renyah yang memiliki kadar air yang sangat rendah karena dibuat dengan cara di oven. Kue kering memiliki daya tahan yang cukup lama, Bahan yang umum digunakan utuk pembuatan kue kering diantaranya tepung beras, tepung ketan, terigu ataupun sagu, Kue kering yang dioven biasanya di sebut cookies. Kue kering adalah makanan ringan yang bukan makanan utama. Secara harafiah kue seringkali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari tepung. Baik tepung beras maupun terigu. Roti tidaklah selalu sama dengan kue, sebab di Indonesia kadangkala roti dianggap sebagai makanan utama. sumber :https://id.wikipedia.org/wiki/Kue_kering 2. Kue Mangkok Kue mangkok adalah penganan yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan tapai singkong yang dimasak dengan cara dikukus. berbentuk seperti mangkok dan mekar pada ujungnya. Kue mangkok merupakan salah satu kue basah yang populer d

Daily Activites

Assalamualaikum Wr.Wb Haii guysss, jumpa lagi sama sayeee .dgn cerita yg sama...yapp saya menceritakan kembali kegiatan saya hari ini. Dan hari ini adalah Minggu ke tiga di kitchen untuk semester 4 ini. Dan pagi ini saya datang lebih awal kekampus karena ada kegiatan yaitu mengikuti upacara bendera yang rutin dilakukan setiap tgl 17.. Sesudah upacara kami kembali hati baju dan mulai online lalu pak IcaI menjelaskan tentang praparean hari ini yaitu European Buffet dan kelompok saya mendapatkan menu bagian appetaizer yaitu " Macedoine of Vagetable Mayonaise & Jelly Fruit Salad ". Dan pertama2 kami menyiapkan bahan untuk membuat Macedoine of vegetable mayonaise, yaitu ada kacang panjang, wortel, dan lobak. Yaitu semua bahan di potong brunoa kecuali kacang panjang. Kemudian di blanch lalu dimasukkan kedalam cheiller. Dan untuk prepare-an Jelly fruit salad yaitu, ada buah anggur, nenas, dan jeruk Mandarin dan ada juga agar2 nutrijel. Pertama potong kecil2 buah, lalu agar2