Langsung ke konten utama

Describe some inggredient


KUBIS





1. History Of Ingredient

Sulit untuk melacak sejarah yang tepat dari kubis, tetapi itu kemungkinan besar didomestikasi di suatu tempat di Eropa sebelum 1000 SM, meskipun savoy tidak dikembangkan sampai abad ke-16. Pada Abad Pertengahan, kubis telah menjadi bagian penting dari masakan Eropa. Kepala kubis umumnya diambil selama tahun pertama dari daur hidup tanaman, tetapi tanaman yang dimaksudkan untuk benih dibiarkan tumbuh tahun kedua, dan harus terus dipisahkan dari tanaman cole lain untuk mencegah penyerbukan silang. Kubis rentan terhadap beberapa kekurangan gizi, serta beberapa hama, dan penyakit bakteri dan jamur.
Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (Food and Agriculture Organization, FAO) melaporkan bahwa produksi dunia kubis dan brassica lainnya untuk 2011 hampir 69 juta metrik ton (68 juta ton panjang; 75 juta ton singkat). Hampir setengah dari tanaman ini ditanam di Cina, di mana kubis cina adalah sayuran Brassica paling populer. Kubis disusun dalam berbagai cara untuk makan. Mereka dapat diacar, difermentasi untuk hidangan seperti sauerkraut, dikukus, direbus, ditumis, atau dimakan mentah. Kubis merupakan sumber vitamin K, vitamin C dan serat pangan. Kubis terkontaminasi telah dikaitkan dengan kasus-kasus penyakit karena makanan pada manusia


2.Nutrient Content

Kubis segar mengandung banyak vitamin (A, beberapa B, C, dan E). Kandungan Vitamin C cukup tinggi untuk mencegah skorbut (sariawan akut). Mineral yang banyak dikandung adalah kalium, kalsium, fosfor, natrium, dan besi. Kubis segar juga mengandung sejumlah senyawa yang merangsang pembentukan glutation, zat yang diperlukan untuk menonaktifkan zat beracun dalam tubuh manusia. Sebagaimana suku kubis-kubisan lain, kubis mengandung sejumlah senyawa yang dapat merangsang pembentukan gas dalam lambung sehingga menimbulkan rasa kembung (zat-zat goiterogen). Daun kubis juga mengandung kelompok glukosinolat yang menyebabkan rasa agak pahit.


3.Function Of Ingredient

Kubis atau yang oleh sebagian masyarakat Indonesia dikenal sebagai kol merupakan jenis sayuran yang banyak dikonsumsi dengan berbagai olahan. Mulai dari lalapan, campuran gado-gado, bahan isian bakwan, serta dimasak sebagai sayur berkuah. Sayuran yang memiliki nama latin brassica oleracea ini masih satu famili dengan sayuran-sayuran sejenis seperti kembang kol, brokoli, dan kubis brussel. Bentuknya cukup unik berupa bulat atau lonjong dengan daun-daun yang mengumpul jadi satu membentuk bulatan. Daunnya berwarna hijau dan ada pula yang berwarna putih. Tersedia dalam beberapa jenis diantaranya kubis ungu, hijau, dan kubis keriting.
Tidak hanya enak dikonsumsi kubis juga bermanfaat bagi kesehatan dan mengatasi berbagai jenis penyakit. Dengan kandungan berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin A, B, C, K, beta karoten, magnesium, kalsium, potasium, fenol, sulfur, zat besi, riboflavin, dan asam folat ada banyak manfaat kubis yang bisa dipetik diantaranya:
1. Meningkatkan kekebalan tubuh
Selama ini vitamin C identik dengan buah jeruk. Namun siapa sangka bahwa kandungan vitamin C pada kubis jauh lebih banyak daripada jeruk. Dengan kekayaan vitamin C yang dimilikinya mengonsumsi kubis dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga kita lebih terlindung dari berbagai infeksi bakteri dan virus di sekitar kita.
2. Baik untuk organ pencernaan
Kandungan seratnya yang tinggi menjadikan kubis sebagai makanan yang sangat baik bagi kesehatan organ pencernaan. Dimana serat dapat membantu pergerakan usus ketika menyerap makanan sehingga usus tidak perlu bekerja terlalu keras. Selain itu ia juga membuat feses menjadi lebih lembut sehingga menghindarkan kita dari berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, atau risiko wasir.
3. Mencegah kanker
Kubis juga mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat mencegah perkembangan radikal bebas di dalam tubuh yang dapat memicu berbagai penyakit berbahaya seperti kanker
4. Sebagai nutrisi bagi kesehatan mata
Kubis juga sangat baik dikonsumsi sebagai asupan nutrisi bagi kesehatan mata. Dengan kandungan beta karoten yang dimilikinya bermanfaat untuk mempertajam penglihatan, menjaga daya lihat pada orang tua, serta mencegah timbulnya katarak.
5. Membantu menurunkan berat badan
Bagi anda yang sedang menjalani program diet disarankan mengonsumsi makanan-makanan rendah kalori, kaya serat, serta mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Salah satu contohnya adalah kubis sehingga sayuran ini layak dimasukkan dalam menu harian anda. dan lain sebagainya.


4. Characteristic Of Ingredients

Bibit kubis memiliki akar tunggangyang tipis dan kotiledon berbentuk hati. Daun pertama yang diproduksi adalah bulat telur dengan tangkai daun berlobus. Tanaman tingginya 40–60 cm (16–24 in) di tahun pertama mereka pada tahap vegetatif matang, dan tingginya 15–20 m (49–66 ft) saat berbunga pada tahun kedua. Kepala rata-rata antara 1 and 8 pounds (0,5 and 4 kg), dengan varietas cepat tumbuh, matang awal memproduksi kepala yang lebih kecil. Kebanyakan kubis memiliki daun tebal bergantian, dengan tepian yang berkisar dari bergelombang atau berlobus sampai sangat terpotong; beberapa varietas memiliki mekar lilin pada daun. Tanaman memiliki sistem akar serabut dan dangkal. Sekitar 90 persen dari massa akar di bagian atas 20–30 cm (8–12 in) dari tanah; beberapa akar lateral dapat menembus hingga kedalaman 2 m (6,6 ft).
Bunga majemuknya adalah tandanterminal tak bercabang dan indeterminat yang tingginya 50–100 cm (20–40 in), dengan bunga yang berwarna kuning atau putih. Setiap bunga memiliki empat mahkota bunga diatur dalam pola tegak lurus, serta empat kelopak bunga, enam benang sari, dan ovarium superior yang bersel dua dan mengandung satukepala putik dan tangkai putik. Dua dari enam benang sari memiliki filamen yang lebih pendek. Buah adalah silique yang terbuka pada saat kematangan melalui dehiscenceuntuk mengungkapkan biji coklat atau hitam yang kecil dan berbentuk bulat. Penyerbukan sendiri tidak mungkin, dan kubis diserbukkan silang oleh serangga. Daun awal membentuk bentuk roset yang terdiri 7 sampai 15 daun, masing-masing berukuran 25–35 cm (10–14 in) dikali 20–30 cm (8–12 in); setelah ini, daun dengan tangkai daun lebih pendek berkembang dan kepala terbentuk melalui daun yang tertangkup ke dalam.
Banyak bentuk, warna dan tekstur daun dapat ditemukan dalam berbagai varietas kubis yang dibudidayakan. Jenis daun umumnya dibagi antara savoy daun berkerut kepala longgar dan kubis daun halus kepala keras, sedangkan spektrum warna termasuk putih dan berbagai hijau dan ungu. Ada bentuk bulat pepat, bulat dan runcing.


Source :
https://id.wikipedia.org/wiki/Kubis#Kandungan_gizi_dan_manfaat
https://manfaat.co.id/manfaat-kubis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food Terminologi

MACAM - MACAM SALAD 1. Kinilaw – Filipina Salad yang satu merupakan salah satu kudapan tertua di Filipina. Diberi nama kinilaw lantaran cara memasaknya menggunakan teknik kinilaw, yaitu teknik mematangkan ikan tuna dengan cara merendamnya di dalam larutan cuka dan jeruk nipis. Selain ikan tuna sebagai bahan utama, kinilaw biasanya menggunakan bahan-bahan lain seperti mentimun, pepaya muda, kelapa sangrai, dan jantung pisang. 2. Goi cuon – Vietnam Terdiri dari udang rebus dan sayuran seperti wortel dan daun ketumbar yang dibungkus kulit lumpia tipis, salad asal Vietnam ini memang terlihat istimewa. Biasanya, kudapan yang satu ini dihidangkan dengan saus yang terbuat dari kecap ikan, cabai, dan bawang putih. Bisa juga menggunakan saus kacang sebagai cocolan agar cita rasanya lebih kaya. 3. Yam mamuang – Thailand Salad jenis som tam memang lebih banyak dikenal di Thailand, tapi menu salad yang bernama yam mamuang sebenarnya tidak kalah lezat. Jika som tang meng

Food Terminologi

1. cookies Kue kering adalah istilah yang sering digunakan untuk kue yang bertekstur keras tetapi renyah yang memiliki kadar air yang sangat rendah karena dibuat dengan cara di oven. Kue kering memiliki daya tahan yang cukup lama, Bahan yang umum digunakan utuk pembuatan kue kering diantaranya tepung beras, tepung ketan, terigu ataupun sagu, Kue kering yang dioven biasanya di sebut cookies. Kue kering adalah makanan ringan yang bukan makanan utama. Secara harafiah kue seringkali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari tepung. Baik tepung beras maupun terigu. Roti tidaklah selalu sama dengan kue, sebab di Indonesia kadangkala roti dianggap sebagai makanan utama. sumber :https://id.wikipedia.org/wiki/Kue_kering 2. Kue Mangkok Kue mangkok adalah penganan yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan tapai singkong yang dimasak dengan cara dikukus. berbentuk seperti mangkok dan mekar pada ujungnya. Kue mangkok merupakan salah satu kue basah yang populer d

Daily Activites

Assalamualaikum Wr.Wb Haii guysss, jumpa lagi sama sayeee .dgn cerita yg sama...yapp saya menceritakan kembali kegiatan saya hari ini. Dan hari ini adalah Minggu ke tiga di kitchen untuk semester 4 ini. Dan pagi ini saya datang lebih awal kekampus karena ada kegiatan yaitu mengikuti upacara bendera yang rutin dilakukan setiap tgl 17.. Sesudah upacara kami kembali hati baju dan mulai online lalu pak IcaI menjelaskan tentang praparean hari ini yaitu European Buffet dan kelompok saya mendapatkan menu bagian appetaizer yaitu " Macedoine of Vagetable Mayonaise & Jelly Fruit Salad ". Dan pertama2 kami menyiapkan bahan untuk membuat Macedoine of vegetable mayonaise, yaitu ada kacang panjang, wortel, dan lobak. Yaitu semua bahan di potong brunoa kecuali kacang panjang. Kemudian di blanch lalu dimasukkan kedalam cheiller. Dan untuk prepare-an Jelly fruit salad yaitu, ada buah anggur, nenas, dan jeruk Mandarin dan ada juga agar2 nutrijel. Pertama potong kecil2 buah, lalu agar2