Langsung ke konten utama

Food Terminologi

FOOD TERMINOLOGI

1. Mainstrone Soup



InggrisMinestrone adalah sup tebal Italia. Sup ini berasal dari kata "minestra", istilah yang digunakan untuk menyebut sup kental.  Umumnya minestrone dimasak dari saus tomat yang diisi dengan isi polong, bawang, seledri, irisan tomat dan wortel, lalu ditambahkan pasta.
Minestrone adalah masakan Italia yang paling merakyat, di mana setiap daerah memiliki berbagai resepnya sendiri. Secara historis, kemungkinan sup ini terbuat dari sisa-sisa makanan yang tidak terpakai. Hidangan ini berasal dari resep para petani yang ingin membuat hidangan sederhana namun bergizi dan mengisi. Ada istilah terpisah yang mengkategorikan hidangan sederhana yang dibuat di dapur rakyat, yaitu cucina provera atau masakan orang miskin. Meski begitu, orang Italia sangat menyukai minestrone sehingga di setiap rumah dan wilayah, mereka menciptakan banyak variasi.
Di Italia, posisi sup ini bisa disamakan dengan pasta. Tidak ada resep standar untuk memasak, tetapi orang-orang Italia menggunakan bahan potluck yang tersedia di dapur. Materi konten minestrone bervariasi sepanjang tahun. Sup bisa menjadi kaldu ayam tebal dari isi sayuran yang direbus sebentar atau dapat direbus lebih lama.

sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Minestrone


2. Clam Cawder




Hidangan ini berasal dari Amerika Serikat, tetapi sekarang disajikan secara khusus di seluruh negeri, terutama pada hari Jumat karena mereka tidak makan daging. Banyak daerah regional ada, tetapi dua yang paling umum adalah New England atau "putih" clam chowder dan Rhode Island / Manhattan atau "merah" clam chowder.Jenis clam chowder yang paling awal dan paling populer, cham chowder New England, diperkenalkan ke wilayah ini oleh pemukim Perancis, Nova Scotian, atau Inggris, menjadi umum pada abad ke-18. Topik pertama untuk varietas, clam chowder Manhattan, yang dikenal karena menggunakan tomat dan pewarna merahnya, diterbitkan pada tahun 1934. Pada tahun 1939, negara bagian New England di Maine memperdebatkan undang-undang yang akan melarang penggunaan tomat dalam sup krim, III pada dasarnya melarang bentuk "Manhattan".

Sumber : https://en.m.wikipedia.org/wiki/Clam_chowder

3. Bisque




Berasal dari bahasa perancis Bis cuites yang berarti di masak dua kali, karena bisque di buat dari bahan dasar yang di saute bersama kulitnya lalu di tambahkan tumbuhan aromatik dan wine yang kemudian di tambahkan cream, bahan dasarnya biasanya adalah udang, lobster, kepiting, dll.

sumber https://en.m.wikipedia.org/wiki/Bisque

4. Vichyssoise



Asal-usul Vichyssoise adalah subyek perdebatan di sejarawan kuliner; Julia Child menyebut [3] itu "Masuk Amerika", sedangkan yang lain menyebut bahwa "asal usul sup dipertanyakan apakah itu benar-benar Perancis atau ciptaan Amerika".
Louis Diat, seorang koki Perancis di Ritz-Carlton di New York City yang dibesarkan di Montmarault di departemen Allier dekat kota resor spa Vichy, paling sering dikreditkan dengan penemuan (kembali).

sumber: https://en.m.wikipedia.org/wiki/Vichyssoise


5. Borscht



Borscht asal dari supreme yang menggunakan dari batang acar, daun dan umbels dari hogweed umum (Heracleum sphondylium), tanaman herba yang tumbuh di padang rumput basah, yang meminjamkan hidangan dengan nama Slavia. Seiring waktu, ia berevolusi menjadi beragam sup, borscht merah bitet telah menjadi yang paling populer. Hal ini biasanya dilakukan dengan tumissayuran, yang - dan juga bit bit - biasanya termasuk kubis, wortel, bawang, kentang dan tomat. Tergantung pada resepnya, borscht mungkin termasuk daging atau ikan, atau vegetarian murni; dapat mengeluarkan panas atau dingin; dan itu mungkin diperoleh dari satu-pot makanan yang sangat kuat yang jelas atau minuman yang halus. Sering disajikan dengan smetana atau krim asam, telur rebus atau kentang, tetapi ada banyak pilihan garnish yang lebih terlibat dan lauk, seperti uszka atau pampushky, yang dapat disajikan dengan sup.

sumber : https://en.m.wikipedia.org/wiki/Borscht


4. Gazpacho




Gazpacho (keputusan Spanyol: [ɡaθˈpatʃo]; Andalusian: [ɡaʰˈpːa (t) ʃo]) atau Andalusian Gazpacho adalah sup dingin yang terbuat dari campuran sayuran mentah. [1] Hidangan klasik Spanyol, berasal dari daerah selatan Andalusia. Gazpacho secara luas tersebar di Spanyol dan Portugal (Portugis: [ɡɐʃˈpaʃu], gaspacho), terutama selama musim panas yang panas, karena karya dan sejuk. Ada lagi yang disebut gazpacho, seperti gazpacho manchego, yang sangat berbeda dari Andalusian Gazpacho. Ada juga beberapa yang terkait dengan Andalusian Gazpacho, seperti ajoblanco, salmorejo, pipirrana, porra antequerana (lebih dekat dengan sup roti), cojondongo dan gaspacho Portugis.

Gazpacho memiliki akar kuno. Ada sejumlah teori tentang asal-usulnya, termasuk sebagai sup roti , minyak zaitun , air dan bawang putih yang tiba di Semenanjung Iberia dengan orang-orang Romawi dan juga dengan tambahan cuka . Setelah di Portugal , itu menjadi bagian dari masakan Alentejo , terutama menggunakan roti basi , bawang putih , minyak zaitun, garam , dan cuka, mirip dengan ajoblanco . Selama abad ke-19, dengan budidaya tomat yang meluas di wilayah ini, ini ditambahkan dicincang di antara bahan-bahan, dan versi ini masih dimakan hari ini, terutama selama bulan-bulan musim panas. Versi Spanyol, yang dikenal sebagai gazpacho merah, berevolusi setelah itu ketika bahan-bahannya dihaluskan untuk membentuk krim. Versi ini tersebar secara internasional. Ada banyak variasi modern gazpacho, sering dalam warna yang berbeda dan menghilangkan tomat dan roti yang mendukung alpukat , mentimun , peterseli , semangka , anggur , stok daging, makanan laut , dan bahan lainnya.

sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Gazpacho



7. Bouillabaisse





Bouillabaisse (pengucapan Perancis: [bu.ja.bɛːs]; Occitan: bolhabaissa [ˌbuʎaˈβajsɔ / ˌbujaˈbajsɔ]) adalah sup ikan tradisional Provençal yang berasal dari kota Marseille .Bentuk bouillabaisse dari Perancis dan Inggris berasal dari kata Bolhabaissa dari Occidental Occitan, senyawa yang InggrisBouillabaisse awalnya adalah semur yang dibuat oleh nelayan Marseille menggunakan rockfish tulang yang mereka tidak dapat dijual ke restoran atau pasar. Ada tiga jenis ikan dalam bouillabaisse tradisional: biasanya rascasse merah (Scorpaena scrofa); sea ​​robin (fr: grondin); dan conger Eropa (fr: congre). Ini juga bisa termasuk gilt-head bream (fr: dorade); turbot; monkfish (fr: lotte atau baudroie); mullet; atau hake Eropa (fr: merlan). Termasuk juga kerang dan makanan laut lainnya seperti bulu babi (fr: oursins), mussels (fr: moules); kepiting beludru (fr: étrilles); kepiting laba-laba (fr: araignées de mer) atau gurita. Bisa jadi lebih mahal dapat menambahkan langoustine (lobster Eropa), meskipun ini bukan bagian dari hidangan tradisional yang dibuat oleh nelayan Marseille. Sayuran seperti daun bawang, bawang, tomat, seledri, dan kentang direbus bersama dengan kaldu dan disajikan dengan ikan. Kaldu secara tradisional disajikan dengan rouille, mayones yang terbuat dari minyak zaitun, bawang putih, saffron, dan cabe rawit pada irisan roti panggang.terdiri dari dua kata kerja bolhir (mendidih) dan abaissar (untuk mengurangi panas, yaitu, mendidih).


Sumber : https://en.m.wikipedia.org/wiki/Bouillabaisse


8. Tom yam


Tom yam (bahasa Thai: ต้มยำ, IPA: [tôm jām], juga kadang-kadang disebut tom yam atau dom yam) adalah sup yang berasal dari Thailand. Sup ini merupakan salah satu makanan Thailand yang terkenal. Di Thailand, tom yum biasanya dibuat dengan udang (tom yum goong), ayam (tom yum gai), ikan (tom yum pla), atau makanan laut yang dicampur (tom yum talay atau tom yum po taek) dan jamur.

sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Tom_yam


9 . Soto




Soto, sroto, sauto, tauto, atau coto adalah makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan adalah daging sapi dan ayam, tetapi ada pula yang menggunakan daging babi atau kambing. Berbagai daerah di Indonesia memiliki soto khas daerahnya masing-masing dengan komposisi yang berbeda-beda, misalnya soto Madura, soto Kediri, soto pemalang, soto Lamongan, soto Jepara, soto Semarang, soto Kudus, soto Betawi, soto Padang, soto Bandung, sroto Sokaraja, soto Banjar, soto Medan, dan coto Makassar. Soto juga diberi nama sesuai isinya, misalnya soto ayam, soto babat, dan soto kambing. Ada pula soto yang dibuat dari daging kaki sapi yang disebut dengan Soto Sekengkel.
Cara penyajian soto berbeda-beda sesuai kekhasan di setiap daerah. Soto biasa dihidangkan dengan nasi, lontong, ketupat, mi, atau bihun disertai berbagai macam lauk, misalnya kerupuk, perkedel, emping, sambal, dan sambal kacang. Ada pula yang menambahkan telur puyuh, sate kerang, jeruk limau, dan koya.


10. Bakso




Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang lazim ditemukan pada masakan Indonesia. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, akan tetapi ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau. Dalam penyajiannya, bakso umumnya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri. Bakso sangat populer dan dapat ditemukan di seluruh Indonesia; dari gerobak pedagang kaki lima hingga restoran besar. Berbagai jenis bakso sekarang banyak ditawarkan dalam bentuk makanan beku yang dijual di pasar swalayanataupun mal-mal. Irisan bakso dapat juga dijadikan pelengkap jenis makanan lain seperti mi goreng, nasi goreng, atau cap cai.


Bakso memiliki akar dari seni kuliner Tionghoa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari istilah 'bakso' berasal dari kata Bak-So, dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah berarti 'daging giling'. Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal seperti daging sapi, ikan, atau ayam. Kini, kebanyakan penjual bakso adalah orang Jawa dari Wonogiri dan Malang. Tempat yang terkenal sebagai pusat Bakso adalah Solo dan Malang yang disebut Bakso Malang. Bakso Malang dan bakso Solo adalah masakan bakso dan disajikan dengan khas Jawa. Bakso berasal dari China tetapi berbeda dengan bakso Malang dan Solo. Bakso China biasanya terbuat dari babi atau makanan laut dan warnya agak kecokelatan serta bentuknya tidak bulat sekali. Sedangkan bakso Malang dan Solo terbuat dari daging sapi, berwarna abu abu dan bentuknya bulat sekali. Bakso China biasanya tidak disajikan dengan kuah melimpah berbeda dengan bakso Malang dan Solo yang disajikan dengan kuah melimpah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food Terminologi

MACAM - MACAM SALAD 1. Kinilaw – Filipina Salad yang satu merupakan salah satu kudapan tertua di Filipina. Diberi nama kinilaw lantaran cara memasaknya menggunakan teknik kinilaw, yaitu teknik mematangkan ikan tuna dengan cara merendamnya di dalam larutan cuka dan jeruk nipis. Selain ikan tuna sebagai bahan utama, kinilaw biasanya menggunakan bahan-bahan lain seperti mentimun, pepaya muda, kelapa sangrai, dan jantung pisang. 2. Goi cuon – Vietnam Terdiri dari udang rebus dan sayuran seperti wortel dan daun ketumbar yang dibungkus kulit lumpia tipis, salad asal Vietnam ini memang terlihat istimewa. Biasanya, kudapan yang satu ini dihidangkan dengan saus yang terbuat dari kecap ikan, cabai, dan bawang putih. Bisa juga menggunakan saus kacang sebagai cocolan agar cita rasanya lebih kaya. 3. Yam mamuang – Thailand Salad jenis som tam memang lebih banyak dikenal di Thailand, tapi menu salad yang bernama yam mamuang sebenarnya tidak kalah lezat. Jika som tang meng

Food Terminologi

1. cookies Kue kering adalah istilah yang sering digunakan untuk kue yang bertekstur keras tetapi renyah yang memiliki kadar air yang sangat rendah karena dibuat dengan cara di oven. Kue kering memiliki daya tahan yang cukup lama, Bahan yang umum digunakan utuk pembuatan kue kering diantaranya tepung beras, tepung ketan, terigu ataupun sagu, Kue kering yang dioven biasanya di sebut cookies. Kue kering adalah makanan ringan yang bukan makanan utama. Secara harafiah kue seringkali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari tepung. Baik tepung beras maupun terigu. Roti tidaklah selalu sama dengan kue, sebab di Indonesia kadangkala roti dianggap sebagai makanan utama. sumber :https://id.wikipedia.org/wiki/Kue_kering 2. Kue Mangkok Kue mangkok adalah penganan yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan tapai singkong yang dimasak dengan cara dikukus. berbentuk seperti mangkok dan mekar pada ujungnya. Kue mangkok merupakan salah satu kue basah yang populer d

Daily Activites

Assalamualaikum Wr.Wb Haii guysss, jumpa lagi sama sayeee .dgn cerita yg sama...yapp saya menceritakan kembali kegiatan saya hari ini. Dan hari ini adalah Minggu ke tiga di kitchen untuk semester 4 ini. Dan pagi ini saya datang lebih awal kekampus karena ada kegiatan yaitu mengikuti upacara bendera yang rutin dilakukan setiap tgl 17.. Sesudah upacara kami kembali hati baju dan mulai online lalu pak IcaI menjelaskan tentang praparean hari ini yaitu European Buffet dan kelompok saya mendapatkan menu bagian appetaizer yaitu " Macedoine of Vagetable Mayonaise & Jelly Fruit Salad ". Dan pertama2 kami menyiapkan bahan untuk membuat Macedoine of vegetable mayonaise, yaitu ada kacang panjang, wortel, dan lobak. Yaitu semua bahan di potong brunoa kecuali kacang panjang. Kemudian di blanch lalu dimasukkan kedalam cheiller. Dan untuk prepare-an Jelly fruit salad yaitu, ada buah anggur, nenas, dan jeruk Mandarin dan ada juga agar2 nutrijel. Pertama potong kecil2 buah, lalu agar2