Langsung ke konten utama

Daily Activity Final ( Indonesian Version )

Assalamualaikum Wr.Wb


           Sebelumnya saya sempat membahas mengenai event yang akan kami laksanakan pada hari Kamis, 5 Desember 2019 di Balairung I Wayan Bendhi Poltekpar Makassar. Dalam menyiapkan event Celebes Traditional Culinary Fest ini, kami menyusun struktur organisasi untuk menentukan supervisor yang akan menghandle semua kepentingan event. Dan kali ini saya diberi tanggung jawab sebagai supervisor produk. Oleh karena itu, saya mengawasi setiap makanan yang kami set up agar tetap berjalan lancar dan juga mengarahkan teman teman saya untk memperhatikan semua mkanan yang mereka hendel.

        Dan pada hari Rabu kami fokus di kitchen untuk membuat semua jenis produk. Oh iya, dalam event ini kami membagi menu-menu kami ke dalam 3 kategori, yaitu Blue Code untuk Snack, seperti Roti Maros, Barongko, Lopis, Klappertart, Cantik Manis, Onde-Onde Wijen, Tetu, Banana Ball, Choux, Lumpia, Songkolo, Crepes, dan Pawa Asin. Selanjutnya White Code untuk Drink, seperti Pearl Brown Sugar, Es Teler, Es Pisang Ijo, dan Ice Cream Goreng. Dan terakhir adalah Red Code untuk Main Course, seperti Konro Bakar, Sushi, Pizza, Udon, dan Kebab. Meskipun terdapat beberapa menu modern, tapi kami tetap memberi cita rasa khas Sulawesi atau yang biasa dikenal dengan istilah Fushion Food.  Untuk menghandle menu-menu tersebut kami membentuk 12 kelompok. Dan kelompok saya bertugas untuk menghandle cantik manis dan es cream Goreng. Setelah itu, kami bersama-sama membawa perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan ke aula, serta mengecek kembali apakah masih ada hal yang diperlukan untuk event kami.
           
            Pada hari Kamis kami semua datang lebih awal, yaitu pukul 04.00 untuk menyelesaikan semua produk. Selanjutnya, kami membawa semua produk ke aula untuk diset up di setiap stall yang telah ditentukan. Dan pada pukul 10.00 event kami pun dimulai yang diawali dengan laporan kegiatan ketua panitia dan sambutan dari Pudir II. Setelah itu, semua pengunjung dipersilahkan untuk menikmati hidangan.
            Fyi, pengambilan makanan dilakukan dengan penukaran tiket sesuai dengan warna yang tertera. Jadi setiap orang berhak mendapatkan 1 Red Code, 1 White Code, dan 2 Blue Code. Selain itu, kami juga menyediakan Chocolate Fountain seperti buah Semangka, Madeleine, dan Onde-Onde Ketawa, serta Kopi, Teh, dan Air Mineral secara gratis. Kami juga memberikan Paper Plate, Paper Glass, dan Stiker gratis kepada setiap pengunjung saat melakukan proses registrasi. Dan salah satu hal menarik dari event kami adalah tidak menggunakan plastik dengan tujuan untuk mendukung gerakan Save Plastic.
             Semua pengunjung mengatakan bahwa konsep kami bagus dan rasa dari menu-menu kami enak. Hasil yang kami peroleh tidak lepas dari kerja sama tim kami yang hebat. Dan tidak terasa, hari ini adalah praktik terakhir kami di Kitchen. I just wanna say thankyou so much for all of my lecturers and my friends, I'll miss our togetherness in the Kitchen. You guys are amazing team forever. Dan blog ini juga merupakan blog yang terakhir selama saya kuliah di Poltekpar Makassar. Thanks to all my readers, see yaaa! Hehehehe!









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Food Terminologi

MACAM - MACAM SALAD 1. Kinilaw – Filipina Salad yang satu merupakan salah satu kudapan tertua di Filipina. Diberi nama kinilaw lantaran cara memasaknya menggunakan teknik kinilaw, yaitu teknik mematangkan ikan tuna dengan cara merendamnya di dalam larutan cuka dan jeruk nipis. Selain ikan tuna sebagai bahan utama, kinilaw biasanya menggunakan bahan-bahan lain seperti mentimun, pepaya muda, kelapa sangrai, dan jantung pisang. 2. Goi cuon – Vietnam Terdiri dari udang rebus dan sayuran seperti wortel dan daun ketumbar yang dibungkus kulit lumpia tipis, salad asal Vietnam ini memang terlihat istimewa. Biasanya, kudapan yang satu ini dihidangkan dengan saus yang terbuat dari kecap ikan, cabai, dan bawang putih. Bisa juga menggunakan saus kacang sebagai cocolan agar cita rasanya lebih kaya. 3. Yam mamuang – Thailand Salad jenis som tam memang lebih banyak dikenal di Thailand, tapi menu salad yang bernama yam mamuang sebenarnya tidak kalah lezat. Jika som tang meng

Food Terminologi

1. cookies Kue kering adalah istilah yang sering digunakan untuk kue yang bertekstur keras tetapi renyah yang memiliki kadar air yang sangat rendah karena dibuat dengan cara di oven. Kue kering memiliki daya tahan yang cukup lama, Bahan yang umum digunakan utuk pembuatan kue kering diantaranya tepung beras, tepung ketan, terigu ataupun sagu, Kue kering yang dioven biasanya di sebut cookies. Kue kering adalah makanan ringan yang bukan makanan utama. Secara harafiah kue seringkali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari tepung. Baik tepung beras maupun terigu. Roti tidaklah selalu sama dengan kue, sebab di Indonesia kadangkala roti dianggap sebagai makanan utama. sumber :https://id.wikipedia.org/wiki/Kue_kering 2. Kue Mangkok Kue mangkok adalah penganan yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu dan tapai singkong yang dimasak dengan cara dikukus. berbentuk seperti mangkok dan mekar pada ujungnya. Kue mangkok merupakan salah satu kue basah yang populer d

Daily Activites

Assalamualaikum Wr.Wb Haii guysss, jumpa lagi sama sayeee .dgn cerita yg sama...yapp saya menceritakan kembali kegiatan saya hari ini. Dan hari ini adalah Minggu ke tiga di kitchen untuk semester 4 ini. Dan pagi ini saya datang lebih awal kekampus karena ada kegiatan yaitu mengikuti upacara bendera yang rutin dilakukan setiap tgl 17.. Sesudah upacara kami kembali hati baju dan mulai online lalu pak IcaI menjelaskan tentang praparean hari ini yaitu European Buffet dan kelompok saya mendapatkan menu bagian appetaizer yaitu " Macedoine of Vagetable Mayonaise & Jelly Fruit Salad ". Dan pertama2 kami menyiapkan bahan untuk membuat Macedoine of vegetable mayonaise, yaitu ada kacang panjang, wortel, dan lobak. Yaitu semua bahan di potong brunoa kecuali kacang panjang. Kemudian di blanch lalu dimasukkan kedalam cheiller. Dan untuk prepare-an Jelly fruit salad yaitu, ada buah anggur, nenas, dan jeruk Mandarin dan ada juga agar2 nutrijel. Pertama potong kecil2 buah, lalu agar2